Serba-serbi Layanan Internet Starlink, Paling Cepat Se-Indonesia

Daftar Isi
Tren Berita Teknologi -- Dengan kemunculan layanan paket internet via satelit Starlink yang kini telah bisa diakses di Indonesia, minat publik pun semakin terkikis. Pengalaman dua pengguna, Ramda Yanurzha dan Indra, yang telah membagikan pengalaman mereka menggunakan layanan ini menjadi sorotan. Melalui media sosial, mereka secara detail memaparkan pengalaman mereka mulai dari pembelian paket hingga cara berlangganan, menarik perhatian ribuan netizen. Bagi yang penasaran dengan paket internet Starlink, berikut kami rangkum informasi terkait isi paket, harga, dan proses berlangganannya.

Apa saja Paket Yang Ditawarkan Starlink

Paket internet Starlink menawarkan jendela baru dalam pelayanan internet via satelit, dengan menjanjikan koneksi yang andal dan cepat di mana pun pengguna berada. Namun, untuk memulai layanan ini, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, terutama dari segi biaya dan perangkat keras yang diperlukan. Menurut pengalaman Ramda Yanurzha dan Indra, keduanya harus meluangkan dana cukup besar untuk memulai layanan ini.

Pertama-tama, untuk mengakses internet Starlink, pengguna harus membeli perangkat keras yang disediakan oleh perusahaan. Ini termasuk antena satelit dan modem, yang diperlukan untuk menghubungkan perangkat pengguna ke jaringan satelit Starlink. Harga perangkat ini bisa cukup signifikan, terutama untuk pengguna di Indonesia, di mana harga dan biaya pengiriman menjadi faktor tambahan yang perlu dipertimbangkan.

Selain itu, pengguna juga harus memilih paket langganan bulanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Ramda Yanurzha dan Indra memilih paket Starlink Residential dengan harga sekitar Rp 750.000 untuk penggunaan di perumahan. Namun, yang menarik adalah bahwa untuk memulai layanan ini, mereka juga harus membeli paket internet dengan harga yang jauh lebih tinggi, sekitar Rp 7,8 juta. Biaya ini belum termasuk biaya pengiriman perangkat, yang bisa menambah beban biaya awal bagi pengguna.

Dengan demikian, meskipun internet Starlink menawarkan kecepatan dan koneksi yang andal, pengguna harus mempertimbangkan dengan hati-hati biaya awal yang cukup besar untuk memulai layanan ini. Namun, bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil atau sulit dijangkau oleh infrastruktur internet konvensional, layanan ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk mendapatkan koneksi internet yang handal dan cepat.

Hardware Yang diberikan Starlink

Perangkat keras yang diterima oleh pelanggan setelah melakukan pemesanan paket internet Starlink sangat penting karena akan menjadi fondasi bagi koneksi internet yang andal. Paket tersebut mencakup beberapa item utama yang diperlukan untuk memasang dan mengaktifkan layanan tersebut. Pertama, ada satu unit Base (dudukan) yang akan menjadi tempat antena satelit dipasang secara mandiri oleh pengguna. Selain itu, paket juga mencakup satu unit Router yang berfungsi untuk mengelola dan mendistribusikan koneksi internet ke perangkat pengguna di dalam rumah.

Internet Starlink

Selain dua perangkat utama tersebut, pelanggan juga akan menerima Kabel Starlink sepanjang 15 meter. Kabel ini penting untuk menghubungkan antena satelit dengan router, memastikan transmisi sinyal yang optimal untuk koneksi internet. Selain itu, paket juga mencakup Kabel AC sepanjang 1,8 meter yang diperlukan untuk menyediakan daya listrik ke perangkat, menjaga agar sistem tetap berjalan dengan baik.

Dengan demikian, paket perangkat keras yang diterima oleh pelanggan Starlink mencakup semua yang diperlukan untuk memasang sistem dan mulai menggunakan layanan internet via satelit ini secara mandiri. Dengan perangkat ini, diharapkan pengguna dapat menikmati koneksi internet yang handal dan cepat di mana pun mereka berada, terutama di daerah terpencil atau sulit dijangkau oleh infrastruktur internet konvensional.

Jenis Paket Starlink

Harga paket internet Starlink bervariasi tergantung pada jenis layanan yang dipilih, baik untuk penggunaan personal maupun bisnis. Untuk penggunaan personal, terdapat beberapa pilihan paket yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Paket Residensial, misalnya, cocok untuk keluarga dengan harga langganan bulanan sebesar Rp 750.000. Namun, pengguna harus mempertimbangkan biaya perangkat sebesar Rp 7.800.000 yang harus dibayar sekaligus. Selain itu, terdapat juga paket Jelajah Mobile, baik untuk lingkup regional maupun global, dengan harga langganan bulanan yang bervariasi.

Untuk paket bisnis, terdapat pilihan paket Kapal Prioritas Mobile dengan kuota yang disesuaikan, mulai dari 50 GB hingga 5 TB, dengan harga langganan bulanan yang meningkat seiring dengan kuota yang ditawarkan. Biaya perangkat untuk paket bisnis ini juga cukup signifikan, mencapai Rp 43.721.590. Dengan begitu, pengguna harus mempertimbangkan dengan hati-hati kebutuhan mereka serta biaya yang terlibat sebelum memutuskan untuk berlangganan layanan internet Starlink.

Harga paket internet Starlink untuk penggunaan bisnis menawarkan berbagai pilihan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan lokasi pengguna. Paket untuk bisnis dengan lokasi tetap menyediakan opsi Prioritas dengan kuota mulai dari 40 GB hingga 6 TB. Harga langganan bulanan bervariasi sesuai dengan kuota yang dipilih, dimulai dari Rp 1.100.000 untuk paket dengan kuota 40 GB hingga Rp 12.320.000 untuk paket dengan kuota 6 TB. Biaya perangkat yang harus dibayar sekaligus juga sama, yaitu Rp 7.800.000.

Sementara itu, untuk bisnis dengan mobilitas darat atau maritim, Starlink juga menyediakan paket Prioritas Mobile dengan kuota yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Paket ini menawarkan opsi kuota mulai dari 50 GB hingga 5 TB, dengan harga langganan bulanan yang bervariasi. Harga paket berkisar antara Rp 4.345.000 hingga Rp 86.130.000 per bulan, tergantung pada kuota yang dipilih. Biaya perangkat untuk paket bisnis mobilitas darat dan maritim juga sama, yaitu Rp 43.721.590.

Dengan demikian, Starlink memberikan fleksibilitas dan pilihan yang luas bagi pengguna bisnis, baik yang memiliki lokasi tetap maupun yang memerlukan mobilitas. Dengan berbagai pilihan paket dan kuota yang disesuaikan, pengguna bisnis dapat memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan operasional mereka. Untuk informasi lebih lanjut mengenai harga paket internet Starlink dan detail lainnya, pengguna dapat mengunjungi situs resmi mereka di starlink.com.

Cara Pemesanan Layanan Internet Starlink

Untuk berlangganan paket internet Starlink, langkah-langkahnya cukup sederhana dan dapat dilakukan secara online melalui situs resmi mereka di https://www.starlink.com/. Pertama-tama, pengguna perlu masuk ke situs tersebut dan memilih opsi "Paket layanan". Setelah itu, klik "Pesan Sekarang" untuk memulai proses pemesanan.

Selanjutnya, pengguna diminta untuk menuliskan daerah pengiriman pada kotak yang disediakan, serta menyertakan informasi kontak dan detail alamat lengkap. Setelah informasi tersebut dimasukkan, sistem akan menghitung total biaya yang harus dibayarkan.

Setelah melihat total biaya, pengguna dapat mengklik "Melakukan Pemesanan" dan mengikuti instruksi selanjutnya hingga proses pembayaran selesai. Perlu diperhatikan bahwa pembayaran hanya dapat dilakukan menggunakan kartu kredit atau debit Mastercard atau Visa.

Setelah pembayaran selesai, pengguna akan menerima estimasi waktu pengiriman, yang diperkirakan memakan waktu 1-2 minggu. Dengan demikian, pengguna dapat dengan mudah dan cepat berlangganan layanan internet Starlink dan menikmati koneksi internet yang handal dan cepat di mana pun mereka berada.

Posting Komentar