Jangan Salah Pilih! Ini Dia Perbedaan Mencolok ROG Ally Versi Mahal dan Murah

Daftar Isi

 

Tren berita teknologi -- Jika Anda seorang pemain game yang mengincar laptop gaming ASUS, Anda mungkin telah mendengar tentang seri ROG (Republic of Gamers) Ally. Seri ini menawarkan berbagai pilihan untuk berbagai anggaran, mulai dari versi yang lebih mahal hingga versi yang lebih murah. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membeli, penting untuk memahami perbedaan utama yang membedakan versi mahal dari versi murah. Artikel ini akan membahas perbedaan utama yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli.

Desain dan Bahan

ROG Ally versi murah dan mahal sangat berbeda dari segi desain dan material. Versi mahal biasanya menggunakan bahan premium seperti aluminium atau campuran logam lainnya, yang memberikan tampilan eksklusif dan daya tahan lama. Versi murah, di sisi lain, mungkin terbuat dari plastik atau bahan sederhana, yang dapat memengaruhi tampilan dan daya tahan laptop.

Spesifikasi Teknologi

Perbedaan paling mencolok antara versi ROG Ally yang lebih mahal dan versi yang lebih murah adalah spesifikasi teknisnya. Versi mahal biasanya memiliki prosesor dan kartu grafis terbaru yang memungkinkan kinerja tinggi dalam bermain game dan multitasking, dan mereka biasanya memiliki RAM yang lebih besar dan penyimpanan SSD yang lebih cepat. Di sisi lain, versi murah mungkin memiliki spesifikasi yang lebih rendah dan komponen yang lebih umum untuk kebutuhan gaming yang lebih ringan.

Layar dan Resolusi

Salah satu faktor yang membedakan versi murah dan mahal dari ROG Ally adalah kualitas layar dan resolusinya. Versi mahal biasanya memiliki layar dengan refresh rate dan resolusi yang lebih tinggi serta teknologi layar terbaru seperti panel IPS atau OLED, yang memberikan pengalaman bermain game yang lebih imersif dan visual yang lebih tajam. Di sisi lain, versi murah mungkin memiliki layar dengan refresh rate dan resolusi standar.

Fitur Tambahan

Versi mahal ROG Ally biasanya memiliki fitur seperti keyboard mekanik, sistem pendinginan yang lebih canggih, dan teknologi audio premium. Fitur-fitur ini dapat meningkatkan pengalaman gaming secara keseluruhan dan memberikan nilai tambah yang signifikan, sedangkan versi murah mungkin memiliki fitur yang lebih dasar atau standar.

Harga

Faktor utama yang membedakan versi ROG Ally murah dan mahal, tentu saja, adalah harga. Mengingat perbedaan spesifikasi dan fitur yang ditawarkan, versi mahal akan membayar lebih banyak daripada versi murah. Tetapi keputusan akhir Anda bergantung pada apa yang Anda butuhkan dan berapa banyak Anda bermain.

Asus ROG Ally tersedia dalam dua versi: yang lebih mahal dan yang lebih murah. Setiap versi memiliki beberapa perbedaan mencolok dari segi spesifikasi, fitur, dan biaya.

Diferensiasi Utama:

Prosesor:

Processor AMD RyzenTM 9 6900HX yang mahal dan Processor AMD RyzenTM 7 6800H yang murah

Kartu Grafis:

Versi yang mahal: NVIDIA® GeForce RTXTM 3070 Ti Laptop GPU Versi yang terjangkau: NVIDIA® GeForce RTXTM 3060 Laptop GPU

SDRAM:

Versi yang mahal adalah 32GB DDR5 4800MHz, sedangkan versi yang lebih murah adalah 16GB DDR5 4800MHz.

Penyimpanan:

Versi yang mahal adalah 2TB PCIe NVMe M.2 SSD, sedangkan versi yang lebih murah adalah 512GB PCIe NVMe M.2 SSD.

Display:

Versi mahal memiliki layar 15.6" FHD (1920x1080) dengan 300Hz IPS-Type display, sedangkan versi murah memiliki layar 15.6" FHD (1920x1080) dengan 144Hz IPS-Type display.

Baterai:

Versi mahal memiliki baterai lithium-ion empat baterai 90Wh, sedangkan versi murah memiliki baterai lithium-ion tiga baterai 56Wh.

Ada fitur tambahan:

Versi Mahal memiliki keyboard yang dibacklit RGB per-key dan port ThunderboltTM 4. Versi Murah memiliki keyboard yang dibacklit RGB empat zona.

Harga:

Versi lebih murah dihargai Rp 22.999.000, sedangkan versi mahal dihargai Rp 30.999.000.

Versi Mana yang Sesuai dengan Anda?

Versi mahal cocok untuk pemain hardcore dan profesional yang membutuhkan kinerja terbaik, sedangkan versi murah cukup untuk pemain kasual dan pengguna yang membutuhkan laptop untuk bermain media dan bekerja.

Berikut adalah beberapa saran untuk memilih versi yang tepat:

  • Pertimbangkan kebutuhan Anda: Versi mahal harus dipilih jika Anda membutuhkan laptop untuk gaming berat; namun, jika Anda hanya bermain game secara kasual atau menggunakan laptop untuk pekerjaan dan multimedia, versi murah cukup.
  • Perhatikan anggaran Anda: Versi murah jauh lebih mahal daripada versi mahal.
  • Lihat spesifikasi: Perhatikan perbedaan dalam spesifikasi seperti prosesor, kartu grafis, RAM, dan penyimpanan.

Semoga artikel ini membantu Anda dalam menentukan Asus ROG Ally terbaik.

Kesimpulan

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli ROG Ally, pertimbangkan perbedaan mencolok antara versi murah dan mahal. Versi murah cocok untuk mereka yang mencari laptop gaming yang lebih murah tetapi tetap memenuhi kebutuhan dasar game. Selamat mengikuti pemilihan!

5 Pertanyaan Umum yang Berbeda

Apakah daya tahan baterai versi mahal ROG Ally lebih baik?

Biasanya tidak, karena bagian yang lebih kuat biasanya membutuhkan lebih banyak daya. Namun, ini dapat berbeda tergantung pada spesifikasi laptop Anda.

Apakah versi terjangkau ROG Ally dapat menjalankan game AAA terbaru?

Ya, tetapi itu bisa dilakukan dengan pengaturan grafis yang lebih rendah. Versi yang lebih murah tetap dapat menjalankan sebagian besar game terbaru dengan lancar.

Apakah perbedaan performa antara versi murah dan versi mahal sebanding dengan harganya?

Semua bergantung pada kebutuhan individu; versi mahal mungkin sepadan dengan uang jika Anda menginginkan pengalaman gaming premium.

Apakah garansi ASUS yang sama berlaku untuk kedua versi ROG Ally?

Lihat informasi garansi produk ASUS sebelum membeli karena biasanya bervariasi tergantung pada negara dan peraturan penjual.

Apakah versi mahal layar ROG Ally mendukung G-Sync dan FreeSync?

Ya, versi yang lebih mahal biasanya memiliki teknologi yang memungkinkan tampilan yang lebih halus dan tidak bergeser saat bermain game.


Posting Komentar